15 August 2008

Tips dan Triks Ketika Membeli Sepatu

Tips dan triks ketika membeli sepatu :

  1. Tentukan jenis dan model sepatu yang mau dibeli. Sesuaikan dengan penggunaan. Jangan beli sepatu sejenis kets untuk dipakai acara pernikahan. Hehehee....
  2. Lihat model dan warnanya, apakah sesuai dengan karakter Anda? Atau mau pilih yang sedang trend saat ini? Coba perhatikan bagian sambungan pada sepatu (misalnya lem atau jahitannya). Pilih yang nampak kuat di bagian ini. Karena bagian ini yang menentukan keawetan sepatu yang Anda kenakan nantinya.
  3. Jika sepatu sejenis kets, coba ditekuk bagian depan dan belakang. Apakah nampak elastis? Kalau tidak nampak elastis/lentur, lebih baik diganti saja. Karena penggunaan sepatu kets cenderung lebih nyantai dan lebih sering "ditekuk".
  4. Diusahakan membeli sepatu di waktu siang hari. Mengapa? Karena kondisi tubuh (dalam hal ini kaki) mengalami saat2 maksimalnya, yang diakibatkan cuaca panas. Jikalau pada malam hari, cenderung tubuh mengalami "saat2 minimal"-nya. Jadi jika membeli sepatu, di malam hari, mungkin ketika dicoba di toko sepatu, ukuran sepatu cocok. Namun ketika dipakai keesokan harinya (terutama di siang hari) terasa sesak.
  5. Jangan sampai "termakan mode". Meskipun model sepatu sangat menarik, jikalau ketika dicoba kaki tidak merasa nyaman, lebih ganti saja. Karena aliran2 darah dan saraf2 di bagian kaki tidak bisa leluasa "beraktifitas". 
  6. Usahakan ada cocokkan ukuran sepatu dengan ukuran kaki. Terkadang untuk merk dan tipe sepatu yang satu dengan yang lain tidak sama. Meskipun ukurannya sama2 40, misalnya, antara merk yang satu dan yang lain seringkali berbeda ukuran.
  7. Balik bagian sepatu, tempelkan dengan salah satu telapak kaki (tentunya harus disesuaikan, sepatu bagian kiri dengan telapak kaki kiri). Apakah nampak ada perbedaan atau tidak di bagian lebar keduanya. Jikalau nampak lebih lebar telapak kaki, bisa jadi ketika dicoba, akan terasa lebih sesak. Lebih baik ditukar saja ukurannya...
  8. Cobalah dipakai sepatu di toko untuk berjalan2. Apakah terasa nyaman atau terasa sakit? Jika terasa sesak ganti ukurannya. Jangan dipaksa karena model bagus, kaki menjadi terasa sakit. Karena berpengaruh terhadap saraf2 dan aliran2 darah di sekitar kaki.

Selamat berburu sepatu... :)

0 comments: