09 August 2008

Suka-duka Menjalin Persahabatan

Banyak orang merasa hidup terasa lebih indah dan berwarna tatkala mempunyai teman yang bisa diajak berbagi suka dan duka. Bahkan tidak mengenal waktu, jam berapapun, kapanpun, masih bisa dimintai tolong ataupun sekedar sharing saja. Sebab orang yang mempunyai seorang/lebih dari 1 sahabat akan merasa aman dan tenang ketika bersosialisasi di lingkungan sekitar.
Persahabatan tidak mengenal jenis kelamin, usia, latar belakang keluarga/ekonomi, bahkan sampai perbedaan adat-budaya. Tidak jarang terjadi hubungan persahabatan yang terjadi, antara anak orang kaya dengan anak yang kurang mampu. Tapi kerapkali jika hubungan persahabatan mengalami saat "crash" atau pertentangan, maka akan dapat menimbulkan perasaan benci, marah, sedih, cuek. Hal ini sempat aku alami.
Tatkala salah seorang teman meminta tolong cara merombak template blog, aku beritahu caranya (secara garis besarnya, bukan secara teknis merombaknya). Ehhh...di luar dugaan, tampilan blognya berantakan. Sempat dikira aku pemicu "rusaknya" blog, padahal bukan aku yang merombaknya, dia sendiri yang melakukannya. Sempat aku diamkan beberapa hari, sambil mencari-cari penyebab dia rada uring-uringan. Mungkin karena kesibukan dia yang begitu padat, atau hal lain (yang ternyata benar. Aku lupa memberitahu jika ada perubahan template, ada kemungkinan fasilitas blognya yang lama ada yang berubah), sehingga pas dia merombak blognya, langsung .....duerrrr!!!!
Aku ambil jalan tengahnya. Anggap aja aku yang salah, karena lupa memberitahu dia tentang efek samping tentang perubahan template blog. Dia juga "asal" pilih dan pasang template di blognya. Tanpa berlama-lama aku tawarkan untuk memperbaiki template blog beserta fasilitas yang ada.
Alhasil, hubungan persahabatan kembali terjalin lagi. Akupun tidak perlu merasa mengungkit-ungkit masalah itu lagi. Biar aku ambil hikmahnya....
Hikmah yang dapat aku ambil dari peristiwa itu :
- lebih mengenal karakternya
- lebih siap menghadapi situasi seperti itu jikalau terjadi di kemudian hari
- bisa menambah kemampuan untuk membuat tampilan/desain blog
- menambah pengetahuan aneka tip trik membuat blog
- terakhir, aku bisa merombak template blogku...
Adanya peristiwa itu setidaknya bisa membuka mata hati untuk lebih berhati-hati dalam bertindak , bertutur kata dengan seseorang. Karena tiap orang punya karakter yang beraneka ragam. Untung saja, (menurut penilaianku) teman saya mempunyai karakter yang mudah bersosialisasi dan beradaptasi, jadi hal itu mudah dilupakan. Dan cepat dicarikan solusi untuk memecahkan "salah paham" ini...
Huuhhhh..... lega rasanya....
Tatkala ada permasalahan, bisa diselesaikan tanpa merugikan pihak-pihak terkait.....

0 comments: